Langsung ke konten utama

10 Lomba yang Sering Muncul dalam Perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia

Merdeka, merdeka,merdeka.....
Salam semangat, Sahabat Cerdas! Apa kabar? Semoga semuanya dalam keadaan sehat dan baik. Masih semangatt?? Harus terus semangat dong ya.  Kali ini saya akan membahas mengenai lomba apa saja yang sering diadakan untuk memeriahkan hari kemerdekaan Republik Indonesia.

#1. Panjat Pinang

      Pernah tidak Anda melihat perlombaan permainan yang dilakukan sekelompok orang dengan memanjat untuk meraih beberapa hadiah yang digantung? Yup, PANJAT PINANG. Lomba panjat pinang adalah lomba paling ikonik dalam perayaan hari kemerdekaan Indonesia. Lomba panjat pinang merupakan lomba tradisional dan sudah ada sejak masa penjajahan Belanda, lho. Panjat pinang sejak dulu diadakan sebagai acara hiburan pada acara-acara penting. Lomba ini biasanya menggunkan batang pohon pinang yang lurus kemudian batang tersebut dilumuri minyak atau oli dan dibagian ujung atas akan digantung hadiah-hadiah menarik. Setelah itu beberapa orang akan berusaha memanjat batang pohon tersebut untuk meraih hadiah yang tergantung di ujung atas. Panjat pinang mengajarkan kepada kita mengenai semangat pantang menyerah dan perjuangan dalam mencapai sesuatu.

#2. Makan Kerupuk

      Hmmm, siapa sih di sini yang tidak kenal kerupuk? Kerupuk merupakan makanan ringan khas Indonesia. Tapi tunggu dulu. Apa hubungannya sama lomba? Apakah lomba menggoreng kerupuk? Ehee, kurang tepat ya. Yuhuu, LOMBA MAKAN KERUPUK. Hayoo, siapa yang pernah ikutan? Lomba makan kerupuk sudah ada sejak zaman penjajahan di Indonesia. Pada saat itu, Indonesia tengah mengalami kesulitan pangan. Cara bermainnya adalah kerupuk yang sudah disiapkan diikat pada seutas tali panjang, kemudian tali yang berisi kerupuk tersebut digantung pada tiang atau tali penyangga. Tangan pemain diikat ke belakang (yang penting tangan tidak dapat menyentuh kerupuk). 

#3. Balap Karung

       Balap karung adalah salah satu lomba yang seru dan sudah populer sejak masa penjajahan Jepang. Pada masa itu, orang Indonesia mengalami kesulitan sandang. Maka dari itu karung goni menjadi bahan pengganti kain pakaian. Balap karung adalah salah satu lomba yang menilai kecepatan dan keseimbangan. Cara bermainnya setiap pemain akan disediakan masing-masing 1 buah karung lalu mereka akan memasukkan setengah tubuhnya ke dalam karung. Para peserta akan berlari menuju garis akhir. Balap karung mengajarkan kepada kita bagaimana jatuh bangun perjuangan dalam meraih kesuksesan.

#4. Tarik Tambang

       Tarikkkk, tarikkk!! Hayoo, siapa yang pernah ikut lomba tarik tambang. Tarik tambang adalah permainan antarregu menggunakan kekuatan dan kekompakkan dengan menarik tali tambang agar salah satu regu melewati garis pembatas. Tarik tambang mengajarkan kepada kita semangat gotong royong yang menjadi ciri khas Indonesia.

#5. Balap Kelereng

      Balap kelereng adalah sebuah permainan yang dapat dijadikan perlombaan yang asik. Balap kelereng tak hanya dapat dimainkan oleh anak-anak, orang dewasa pun dapat memainkannya. Lomba balap kelereng dapat diikuti oleh semua orang. Lomba ini hanya membutuhkan sendok dan kelereng. Para peserta lomba akan berjalan cepat sambil membawa sendok berisi kelereng. Uniknya sendok yang berisi kelereng tersebut tidak dibawa menggunakan mulut melainkan dengan mulut. Dalam balap kelereng membutuhkan fokus dan keseimbangan.

#6. Paku dalam Botol

       Dalam hitungan ke tiga lari cari botolnyaaa. Satu, dua, tiga ,laariii. Memasukkan paku dalam botol merupakan permainan sekaligus dapat dijadikan sebagai perlombaan yang membutuhkan kesabaran. Para peserta akan diikatkan tali yang berisi paku yang digantung. Para peserta harus berusaha memasukan paku ke dalam botol tanpa menggunakan tangan.

#7. Sepeda Hias

      Kring, kring, kring. Siapa di sini yang punya sepeda? Sudah pernah ikutan lomba sepeda hias tidak, untuk merayakan hari kemerdekaan Republik Indonesia. Yup, LOMBA SEPEDA HIAS. Pada lomba ini para peserta lomba akan beradu kreatifitas mereka. Selain dihias, biasanya sepeda akan dikendarai keliling. Lomba ini biasanya diikuti oleh anak-anak . Lomba sepeda hias dapat melatih jiwa kreatifitas diri. Hmmm jadi tertarik ikutan? Sekali-sekali tidak apa sepedanya dihias biat makin cantik, hehehe.

#8. Lomba Sastra

       Siapa yang suka menulis cerpen, membaca puisi, atau punya hobi di bidang sastra? Di perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia, lomba sastra sering diadakan. Banyak jenis lomba sastra seperti lomba membaca puisi, lomba menulis cerpen, lomba menulis artikel, dan lain-lain. Selain menumbuhkan rasa cint tanah air dan patriotisme, lomba di bidang sastra dapat menumbuhkan rasa cinta terhadap kesastraan Indonesia.

#9. Lomba Menghias Lingkungan Tempat Tinggal

     Hmmm, pernah tidak Anda melihat sekitar lingkungan rumah Anda dihiasi dengan unik dan banyak atribut nuansa merah putih. Yup, lomba menghias lingkungan tempat tinggal. Lomba ini dapat melestarikan semangat persatuan dan gotong royong yang menjadi ciri khas Indonesia. 

#10. Lomba Olahraga

        Olahraga dapat dijadikan sebagai lomba untuk memeriahkan perayaan hari kemerdekaan Indonesia. Contohnya seperti basket, voli, bulu tangkis, dan lain-lain. Lomba olahraga sangat bermanfaat, lho, Sahabat Cerdas. Selain menyehatkan tubuh lomba ini dapat membawa rasa positif, sportif, dan solidaritas dalam perjuangan untuk meraih keberhasilan atau kemenangan.

OK, itu dia beberapa lomba yang sering diadakan saat memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia. Semoga api semangat kita dalam memajukan Bangsa Indonesia tidak pernah padam. Dirgahayu Republik Indonesia. Dirgahayu Negeri Pancasila. Dirgahayu Negeriku Tercinta.


Salam Merdeka,


Saya Anak Cerdas





*Mohon maaf apabila terdapat kesalahan dan ketidaksempurnaan dalam penulisan pada artikel ini. Selamat pembaca, terimakasih.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Segitiga Siku-Siku dan Teorema Pythagoras Berserta Cara Mudahnya

Hallo Sahabat Cerdas👋, apa kabar? Semoga semuanya dalam keadaan sehat walafiat. Tetap jaga kesehatan ya. Selamat datang di blog Saya Anak Cerdas. Rasanya sudah lama saya tidak update di label "Pendidikan" di blog ini. Kali ini saya hadir untuk mengobati rasa gundah para pelajar, hehehe. Pada kesempatan ini saya akan menyuguhkan materi MATEMATIKA. Hmm kira-kira apa ya? Yap, sesuai judul artikelnya, saya akan menjelaskan tentang SEGITIGA SIKU-SIKU dan TEOREMA PYTHAGORAS . OK, langsung saya bahas untuk Anda. Segitiga Siku-Siku Sumber gambar : Dokumen Penulis Segitiga siku-siku merupakan sebuah jenis segitiga yang memiliki sisi miring, sisi tinggi, dan sisi alas. Sisi tinggi adalah sisi yang memiliki posisi vertikal. Sedangkan sisi alas adalah sisi yang mendatar atau horizontal. Salah satu besar sudutnya adalah 90°. Sisi miring juga disebut hipotenusa . Kalau berbicara mengenai segitiga siku-siku pasti kita tidak asing lagi dengan "Teorema Pythagoras atau Rumus

Istilah 6 M Dalam Bidang Kewirausahaan

Hai Sahabat Cerdas. Selamat datang di blog Saya Anak Cerdas bersama saya Putri Pramisuari. Kali ini saya ingin membahas tentang hal yang berkaitan dengan bidang KEWIRAUSAHAAN,yaitu 6M. Apa itu? Jawabannya bukan 6 Miliar Rupiah ya😁. Ok langsung saja saya bahas untuk Anda. Selamat Membaca. 1. Man      Huruf M pertama adalah Man. Kata "Man" dalam Bahasa Indonesia memiliki arti "manusia" Dalam kewirausahaan manusia sangat berperan penting dan berpengaruh sebagai pusat atau sentral. Manusia yang nantinya akan melakukan kegiatan produksi suatu produk hingga tahap pemasarannya dan  kemudian mengelola usahanya secara berkelanjutan. Komponen "Man" dalam kewirausahaan mengacu pada pelaku usaha atau pelaku ekonomi itu sendiri. Jika dilihat dari siklus kegiatan ekonomi, maka unsur ini dapat dibedakan menjadi 3, yaitu : Produsen adalah orang yang melakukan kegiatan produksi barang atau jasa. Distributor adalah orang yang melakukan kegiatan distribusi barang dan

8 Kegiatan Untuk Merayakan Hari Kartini Di Sekolah

Hai, Sahabat Cerdas. Selamat Hari Kartini. Hari Kartini biasanya bisa dirayakan dimana pun salah satunya di sekolah. Dengan diadakan perayaan tersebut diharapkan agar anak-anak Indonesia dapat memiliki rasa nasionalisme,sportif, tolenransi,dan kreativitas yang tinggi. Perayaan Hari Kartini dapat dilakukan dengan melaksanakan beberapa rangkaian kegiatan yang positif. Kali ini saya ingin membahas 8 kegiatan untuk merayakan Hari Kartini di sekolah. Selamat membaca. #1. Fashion Show        Pasti sudah tau dong kegiatan yang satu ini. Yap Fashion Show,peragaan busana. Kegiatan yang satu ini memang  sangat menarik perhatian. Dalam Hari Kartini ini para siswa dan siswi dapat mengikutinya dengan menggunakan pakaian daerah atau adat yang ada di seluruh Indonesia. Kegiatan betujuan untuk mengenalkan budaya busana daerah Indonesia yang beragam dan harus dilestarikan. Fashion Show juga dapat dilaksanakan dengan menggunakan busana kreatif misalkan pakaian daur ulang, dan yang