Langsung ke konten utama

TIPS &TRIK UNTUK MENGHADAPI UJIAN SEKOLAH

Hai, Sahabat Cerdas. apa kabar nih? Kali ini saya ingin berbagi sedikit tips dan trik untuk Anda yang mau menghadapi sebuah peperangan๐Ÿ˜€ alias UJIAN SEKOLAH

#1. Jangan Menggunakan SKS

       SKS atau Sistem Kebut Semalam yaitu salah satu cara yang sering dilakukan oleh sebagian besar pelajar untuk belajar pada h-1 (1 hari sebelum ujian dimulai). Namun sebenarnya sistem ini malah akan membuat kita semakin tidak siap untuk menghadapi ujian karena kita harus memikirkan apa saja yang perlu disiapkan,belum lagi memahami semua mata pelajaran yang akan diujikan. Sistem ini cenderung akan membuat fisik dan pikiran kita terganggu dan tidak nyaman.


#2. Buatlah Catatan Kecil


      Catatan kecil yaitu rangkuman atau ringkasan dari buku atau materi ujian. Benda yang satu ini akan membantu kita untuk memahami dan mempermudah proses belajar. Tapi catatan kecil yang dibuat TIDAK BOLEH dibawa saat ujian berlangsung. Tetap kerjakan ujian dengan jujur๐Ÿ˜‡.


#3. Pahami,Bukan Mengahafal


      Memahami materi ujian merupakan modal terbesar yang harus kita miliki. Kalau kita memahami betul isi materi tersebut berarti kita sudah mengerti apa yang kita pelajari. Belajar dengan menghafal maka kita hanya sekedar belajar dan resikonya cukup besar. Terutama jika kita gerogi mengikuti ujian. Pasti kita akan panik dan menemukan istilah "LUPA". Jadi Sahabat Cerdas,memahami lebih bermanfaat daripada menghafal.


#4. Gunakan Waktu Luang


       Menggunakan waktu luang / JAMKOS alias jam kosong merupakan moment terbaik untuk belajar. Dengan belajar waktu luang kita tidak akan terbuang sia - sia. Kurangi penggunaan gadget untuk bermain game,gunakan untuk mencari materi ujian. Waktu luang bisa digunakan untuk belajar secara nyicil atau sedikit demi sedikit.


#5. Perbanyak Latihan Soal


       Memperbanyak latihan soal adalah langkah yang baik untuk mengasah otak sekaligus kemampuan dan pemahaman kita. Cara ini cocok untuk mata pelajaran yang berisi rumus-rumus. Usahakan saat berlatih tidak membuka kunci jawaban (jika ada),buka kunci jawaban setelah Anda selesai menjawab untuk mencocokan jawabannya.


#6. Siapkan Fisik dan Mental


       Fisik(tubuh) dan mental kita harus disiapkan secara matang. Mengapa? Karena fisik dan mental kita akan berpengaruh pada kita selama mengikuti ujian. Istirahat yang cukup dan jangan sampai sakit. Tenangkan pikiran,buang jauh pesimis,dan tetap optimis. Dan yang terpenting percaya diri.


#7. Siapkan Alat Tulis yang Dibutuhkan


       Untuk menghadapi suatu perang,selain strategi pasti kita akan membutuhkan senjata. Sama seperti ujian. Kita belajar untuk menyusun strategi agar mendapat nilai yang bagus,kita pasti membutuhkan senjata juga kan? Coba bayangkan jika Anda berperang tanpa senjata. Nah,alat tulis yang dibawa saat ujian pada umumnya adalah pulpen,pensil,penghapus karet,pengkoreksi pulpen,rautan, papan alas,penggaris.


Catatan : Pensil dan pulpen sebaiknya bawa lebih, 2-3 buah untuk mengatasi masalah pulpen macet dan pensil patah.


#8. Minta Restu Kedua Orang Tua


       Restu dan doa orang tua kita akan sangat membantu dalam proses ujian. Kita akan jauh merasa lebih tenang,percaya diri,dan optimis. Mintalah restu kedua orang tua Anda agar ujian berjalan dengan baik.


#9. Berdoa


      Kunci utama untuk menghadapi ujian adalah berdoa. Tuhan pasti akan selalu mendengar doa umatNya. Mohonlah kepadaNya agar ujian Anda dilancarkan. Mulailah dengan doa,jalankan dengan usaha,akhiri dengan doa dan syukur



Demikian tips & trik untuk menghadapi ujian. Tetap semangat dan percaya diri ya Sahabat Cerdas. Please share to your friends and write a wise comment. See you next time in my blog. Happy reading.๐Ÿ˜‰๐Ÿ˜‰๐Ÿ˜‰.




 ALWAYS TO BE GOOD AND MAKE  HAPPINESS....

     

Komentar

  1. Teman-teman,ayo siapa yang menggunakan tips dan trik di atas???? Tulis komen ya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Materinya sangat bagus bisa diterapkan oleh para pelajar

      Hapus
  2. Terima kasih ini sangat bermanfaat. Semoga semakin maju blog nya

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung ke blog Saya Anak Cerdas. Silakan berkomentar sesuai dengan pembahasan, bijak, dan tidak memuat link aktif.

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Segitiga Siku-Siku dan Teorema Pythagoras Berserta Cara Mudahnya

Hallo Sahabat Cerdas๐Ÿ‘‹, apa kabar? Semoga semuanya dalam keadaan sehat walafiat. Tetap jaga kesehatan ya. Selamat datang di blog Saya Anak Cerdas. Rasanya sudah lama saya tidak update di label "Pendidikan" di blog ini. Kali ini saya hadir untuk mengobati rasa gundah para pelajar, hehehe. Pada kesempatan ini saya akan menyuguhkan materi MATEMATIKA. Hmm kira-kira apa ya? Yap, sesuai judul artikelnya, saya akan menjelaskan tentang SEGITIGA SIKU-SIKU dan TEOREMA PYTHAGORAS . OK, langsung saya bahas untuk Anda. Segitiga Siku-Siku Sumber gambar : Dokumen Penulis Segitiga siku-siku merupakan sebuah jenis segitiga yang memiliki sisi miring, sisi tinggi, dan sisi alas. Sisi tinggi adalah sisi yang memiliki posisi vertikal. Sedangkan sisi alas adalah sisi yang mendatar atau horizontal. Salah satu besar sudutnya adalah 90°. Sisi miring juga disebut hipotenusa . Kalau berbicara mengenai segitiga siku-siku pasti kita tidak asing lagi dengan "Teorema Pythagoras atau Rumus

Istilah 6 M Dalam Bidang Kewirausahaan

Hai Sahabat Cerdas. Selamat datang di blog Saya Anak Cerdas bersama saya Putri Pramisuari. Kali ini saya ingin membahas tentang hal yang berkaitan dengan bidang KEWIRAUSAHAAN,yaitu 6M. Apa itu? Jawabannya bukan 6 Miliar Rupiah ya๐Ÿ˜. Ok langsung saja saya bahas untuk Anda. Selamat Membaca. 1. Man      Huruf M pertama adalah Man. Kata "Man" dalam Bahasa Indonesia memiliki arti "manusia" Dalam kewirausahaan manusia sangat berperan penting dan berpengaruh sebagai pusat atau sentral. Manusia yang nantinya akan melakukan kegiatan produksi suatu produk hingga tahap pemasarannya dan  kemudian mengelola usahanya secara berkelanjutan. Komponen "Man" dalam kewirausahaan mengacu pada pelaku usaha atau pelaku ekonomi itu sendiri. Jika dilihat dari siklus kegiatan ekonomi, maka unsur ini dapat dibedakan menjadi 3, yaitu : Produsen adalah orang yang melakukan kegiatan produksi barang atau jasa. Distributor adalah orang yang melakukan kegiatan distribusi barang dan

8 Kegiatan Untuk Merayakan Hari Kartini Di Sekolah

Hai, Sahabat Cerdas. Selamat Hari Kartini. Hari Kartini biasanya bisa dirayakan dimana pun salah satunya di sekolah. Dengan diadakan perayaan tersebut diharapkan agar anak-anak Indonesia dapat memiliki rasa nasionalisme,sportif, tolenransi,dan kreativitas yang tinggi. Perayaan Hari Kartini dapat dilakukan dengan melaksanakan beberapa rangkaian kegiatan yang positif. Kali ini saya ingin membahas 8 kegiatan untuk merayakan Hari Kartini di sekolah. Selamat membaca. #1. Fashion Show        Pasti sudah tau dong kegiatan yang satu ini. Yap Fashion Show,peragaan busana. Kegiatan yang satu ini memang  sangat menarik perhatian. Dalam Hari Kartini ini para siswa dan siswi dapat mengikutinya dengan menggunakan pakaian daerah atau adat yang ada di seluruh Indonesia. Kegiatan betujuan untuk mengenalkan budaya busana daerah Indonesia yang beragam dan harus dilestarikan. Fashion Show juga dapat dilaksanakan dengan menggunakan busana kreatif misalkan pakaian daur ulang, dan yang