Langsung ke konten utama

Mau Jadi Wirausahawan Sukses? Inilah 13 Karakteristik Atau Sifat yang Harus Dimiliki

Hallo, Sahabat Cerdas. Apa kabar??? Selamat memasuki bulan April.  Pasti semangat baru dong. Hmmm kira - kira dibulan ini Anda punya rencana untuk menjadi wirausahawan sukses? Sudah Siap? Sudah tau tidak apa saja sifat yang harus dimiliki seorang wirausahawan jika ingin berhasil? Ini dia beberapa sifat atau karakteristiknya (bukan April Mop ya).


#1. Percaya Diri

       Untuk menjadi seorang wirausahawan kepercayaan diri sangat penting. Untuk memulai suatu usaha diperlukan keyakinan yang kuat. Keyakinan seseorang dalam menjalankan usahanya mempengaruhi tingkat kesuksesan dan kegagalan yang akan diraih. Kunci keberhasilan usaha adalah paham dan yakin pada diri sendiri. Semakin kuat rasa percaya diri yang Anda miliki semakin besar tekad Anda untuk memcapai kesuksesan.


#2. Berani Ambil Resiko

       Setiap usaha atau tindakan yang kita jalani pasti ada yang namanya resiko baik itu dalam skala kecil maupun besar. Seorang wirausahawan harus berani mengambil resiko untuk memperoleh sesuatu yang baru. Jika mengalami kegagalan itu tidak perlu terlalu disesali. Dalam usaha,kegagalan bukanlah akhir dari segalanya. Jadikan kegagalan sebagai tanda bahwa Anda harus bangkit kembali dan bersahabat dengan resiko.


#3. Memiliki Tekad yang Kuat

       Seorang wirausahawan harus memiliki tekad yang kuat,hasrat untuk terus maju,semangat,dan bekerja keras. Anda tidak boleh putus asa dan harus ulet bekerja. Semakin besar impian dan target, Anda harus memiliki tekad yang bulat untuk mencapainya. Terus berjuang dan jangan berhenti di tengah jalan.


#4. Sabar

       Seorang wirausahawan dan pemimpin harus memiliki hati yang sabar. Sabar adalah sikap dapat menahan emosi,tahan menghadapi cobaan,dan tetap tenang. Pada situasi apapun baik atau buruk Anda harus tetap sabar,tenang,dan berpikir jernih. Jangan sesekali tergesa-gesa dalam melakukan pekerjaan karena itu membawa dampak negatif bagi hasilnya kedepan.


#5. Memiliki Pengetahuan dan Skill yang Seimbang

       Orang yang sukses pasti memiliki pengetahuan yang luas di bidang yang ditekuninnya. Jadi jika Anda memiliki pengetahuan yang memumpuni TANPA SKILL apakah Anda langsung bisa sukses? Eitss,tunggu, jangan langsung jawab YA. Faktanya banyak orang yang berpengetahuan namun banyak juga dari mereka yang kurang berlatih dan mengaplikasikan pengetahuan yang dimilikinya. Jika Anda tidak memiliki keterampilan yang baik bagaimana Anda bisa menjalankan usaha. Maka dari itu antara ilmu pengetahuan dan keterampilan harus seimbang. Pengetahuan ditambah dan skill diasah.


#6.Kreatif dan Inovatif

        Jika mendengar dua kata ini pasti tidak asing lagi bagi Anda. Dimana-mana orang dituntut untuk kreatif dan inovatif untuk kemajuan kehidupan manusia. Maka dari itu seorang wirausahawan juga diwajibkan untuk berpikir kreatif untuk menghasilkan sesuatu yang unik dan berpikir inovatif untuk menghasilkan sesuatu yang baru dan berguna bagi banyak orang. Keluarkan ide-ide brilian Anda dan ciptakan  brand atau ciri khas dari usaha Anda. Buatlah banyak orang tertarik kepada produk Anda dengan ide-ide kreatif yang dimiliki.


#7. Memiliki Relationship

      Memiliki relasi dengan orang lain adalah hal yang sangat penting dalam mengembangkan suatu usaha. Membangun suatu hubungan akan mempermudah Anda menjalankan kegiatan. Dengan komunikasi yang baik maka akan terbentuk pula hubungan sosial yang baik. Kejujuran dan kepercayaan merupakan prioritas utama dalam hal ini.


#8. Pintar Mencari Solusi

      Solusi adalah jalan keluar,penyelesaian,atau cara pemecahan dari suatu masalah. Seorang pengusaha harus pintar mencari dan memilih solusi yang paling tepat bagi semua masalah atau kesulitan yang dialami usahanya. Tak jarang dalam mencari solusi Anda harus memutar otak. Anda harus selalu siap agar usaha tetap berjalan lancar.
   

#9. Selalu Mencari Peluang

       Peluang adalah kesempatan yang tak boleh dilewatkan. Peluang harus selalu dicari.Tak jarang kesempatan yang sama datang dua kali. Kesempatan tidak akan datang sendiri namun kita yang harus mencarinya. Peluang-peluang baru selalu bermunculan maka Anda harus memanfaatkannya. Peluang ada dimana-mana. Jika ingin sukses jadilah pemburu peluang.

       
#10. Kepemimpinan

         Pemimpin adalah orang yang dapat memimpin, memandu,dan mengarahkan anggotanya untuk mencapai tujuan yang dikehendaki bersama. Dari pengertian tersebut seorang pemimpin harus menjadi pengarah,teladan,contoh bagi anggotanya,mampu berkomunikasi dan berperilaku dengan baik . Menjadi seorang wirausahawan wajib dan harus memiliki kepemimpinan yang berintegritas, memiliki kejelasan visi dan misi,dilandasi kejujuran,dan adil agar tercapainya visi usaha.


#11. Tangguh dan Kokoh

         Menjadi wirausahawan haruslah tangguh dan kokoh (berdaya tahan) lahir dan batin ibarat sebuah pohon besar yang mempunyai batang besar dan kuat dan akar yang kokoh agar tidak mudah tumbang disegala situasi sekalipun itu situasi terburuk. Seorang wirausahawan harus mampu meperkokoh usaha yang dibangunnya agar tidak mengalami kegagalan. Anda harus terus semangat dan kuat.
     

#12. Memiliki Komitmen

         Menepati janji atau komitmen merupakan suatu keharusan bagi seorang wirausahawan. Anda harus bisa menetapkan dan menjalankan komitmen yang Anda miliki. Keberhasilan wirausahawan ditentukan seberapa besar ia menepati komitmennya. Dengan berkomitmen Anda akan membuat orang lain merasa lebih nyaman,aman,dan percaya kepada Anda. Dengan komitmen Anda juga dapat membangun relasi yang lebih baik.
        

#13. Dapat Membuat Perencanaan yang Matang

         Selain dua belas karakteristik di atas membuat perencanaan yang matang menjadi salah satu faktor keberhasilan Anda membangun usaha. Anda harus memikirkan detail,jangka panjang dan pendek,strategi,dan hal -hal lain yang di perlukan untuk menjalankan usaha. Dengan perencanaan yang matang usaha Anda akan berjalan lebih teratur.


Nah itu dia 13 sifat atau karakteristik yang harus dimiliki bila Anda ingin menjadi seorang wirausahawan sukses. Sebernarnya masih banyak lagi sifat yang harus diteladani. Anda bisa membaca beberapa artikel orang suskes😊. Sekian dari saya untuk kali ini. Jangan lupa terus ikuti update blog Saya Anak Cerdas dan Anda bisa berlangganan lewat email. Sahabat Cerdas jangan lupa juga share dan tulis komentar di kolom komentar di bawah.  Happy Reading. Sampai jumpa.









      
       

       

Komentar

  1. Teman-Teman,menurut Anda ada lagi sifat atau karakteristik yang harus kita miliki untuk menjadi wirausahawan sukses??? Tulis di kolom komentar ya.

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung ke blog Saya Anak Cerdas. Silakan berkomentar sesuai dengan pembahasan, bijak, dan tidak memuat link aktif.

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Segitiga Siku-Siku dan Teorema Pythagoras Berserta Cara Mudahnya

Hallo Sahabat Cerdas👋, apa kabar? Semoga semuanya dalam keadaan sehat walafiat. Tetap jaga kesehatan ya. Selamat datang di blog Saya Anak Cerdas. Rasanya sudah lama saya tidak update di label "Pendidikan" di blog ini. Kali ini saya hadir untuk mengobati rasa gundah para pelajar, hehehe. Pada kesempatan ini saya akan menyuguhkan materi MATEMATIKA. Hmm kira-kira apa ya? Yap, sesuai judul artikelnya, saya akan menjelaskan tentang SEGITIGA SIKU-SIKU dan TEOREMA PYTHAGORAS . OK, langsung saya bahas untuk Anda. Segitiga Siku-Siku Sumber gambar : Dokumen Penulis Segitiga siku-siku merupakan sebuah jenis segitiga yang memiliki sisi miring, sisi tinggi, dan sisi alas. Sisi tinggi adalah sisi yang memiliki posisi vertikal. Sedangkan sisi alas adalah sisi yang mendatar atau horizontal. Salah satu besar sudutnya adalah 90°. Sisi miring juga disebut hipotenusa . Kalau berbicara mengenai segitiga siku-siku pasti kita tidak asing lagi dengan "Teorema Pythagoras atau Rumus

Istilah 6 M Dalam Bidang Kewirausahaan

Hai Sahabat Cerdas. Selamat datang di blog Saya Anak Cerdas bersama saya Putri Pramisuari. Kali ini saya ingin membahas tentang hal yang berkaitan dengan bidang KEWIRAUSAHAAN,yaitu 6M. Apa itu? Jawabannya bukan 6 Miliar Rupiah ya😁. Ok langsung saja saya bahas untuk Anda. Selamat Membaca. 1. Man      Huruf M pertama adalah Man. Kata "Man" dalam Bahasa Indonesia memiliki arti "manusia" Dalam kewirausahaan manusia sangat berperan penting dan berpengaruh sebagai pusat atau sentral. Manusia yang nantinya akan melakukan kegiatan produksi suatu produk hingga tahap pemasarannya dan  kemudian mengelola usahanya secara berkelanjutan. Komponen "Man" dalam kewirausahaan mengacu pada pelaku usaha atau pelaku ekonomi itu sendiri. Jika dilihat dari siklus kegiatan ekonomi, maka unsur ini dapat dibedakan menjadi 3, yaitu : Produsen adalah orang yang melakukan kegiatan produksi barang atau jasa. Distributor adalah orang yang melakukan kegiatan distribusi barang dan

8 Kegiatan Untuk Merayakan Hari Kartini Di Sekolah

Hai, Sahabat Cerdas. Selamat Hari Kartini. Hari Kartini biasanya bisa dirayakan dimana pun salah satunya di sekolah. Dengan diadakan perayaan tersebut diharapkan agar anak-anak Indonesia dapat memiliki rasa nasionalisme,sportif, tolenransi,dan kreativitas yang tinggi. Perayaan Hari Kartini dapat dilakukan dengan melaksanakan beberapa rangkaian kegiatan yang positif. Kali ini saya ingin membahas 8 kegiatan untuk merayakan Hari Kartini di sekolah. Selamat membaca. #1. Fashion Show        Pasti sudah tau dong kegiatan yang satu ini. Yap Fashion Show,peragaan busana. Kegiatan yang satu ini memang  sangat menarik perhatian. Dalam Hari Kartini ini para siswa dan siswi dapat mengikutinya dengan menggunakan pakaian daerah atau adat yang ada di seluruh Indonesia. Kegiatan betujuan untuk mengenalkan budaya busana daerah Indonesia yang beragam dan harus dilestarikan. Fashion Show juga dapat dilaksanakan dengan menggunakan busana kreatif misalkan pakaian daur ulang, dan yang