Langsung ke konten utama

8 Kegiatan Untuk Merayakan Hari Kartini Di Sekolah

Hai, Sahabat Cerdas. Selamat Hari Kartini. Hari Kartini biasanya bisa dirayakan dimana pun salah satunya di sekolah. Dengan diadakan perayaan tersebut diharapkan agar anak-anak Indonesia dapat memiliki rasa nasionalisme,sportif, tolenransi,dan kreativitas yang tinggi. Perayaan Hari Kartini dapat dilakukan dengan melaksanakan beberapa rangkaian kegiatan yang positif. Kali ini saya ingin membahas 8 kegiatan untuk merayakan Hari Kartini di sekolah. Selamat membaca.




#1. Fashion Show


       Pasti sudah tau dong kegiatan yang satu ini. Yap Fashion Show,peragaan busana. Kegiatan yang satu ini memang  sangat menarik perhatian. Dalam Hari Kartini ini para siswa dan siswi dapat mengikutinya dengan menggunakan pakaian daerah atau adat yang ada di seluruh Indonesia. Kegiatan betujuan untuk mengenalkan budaya busana daerah Indonesia yang beragam dan harus dilestarikan. Fashion Show juga dapat dilaksanakan dengan menggunakan busana kreatif misalkan pakaian daur ulang, dan yang lainnya.


#2. Kumpul Nonton
       
        Wuhuuuuuu, siapa ni yang tidak mau diajak nonton bareng. Eitss, tapi BUKAN nonton Drama Korea ya. Lalu nonton apa?
Yap, nonton film tentang kisah hidup dari R. A. Kartini. Kegiatan ini dapat dilakukan di sekolah untuk mengenal lebih dalam sosok Ibu Kartini yang berjasa. 


#3. Penampilan Drama

       Nah kalau kegiatan yang satu ini para siswa dan siswi terlibat langsung di panggung. Penampilan Drama yang bertemakan kisah perjalan hidup R.A. Kartini dapat ditampilkan. Dapat juga menampilkan drama lain dengan  judul dan alur cerita yang berbeda namun masih dalam tema perjuangan emansipasi wanita. Penampilan drama dapat mengasah kreativitas siswa dan siswi dalam  seni drama atau berakting. 


#4. Lomba Baca Puisi

        Salah satu lomba yang yang harus memperhatikan ekspresi wajah dan gerak tubuh. Yap, lomba baca puisi. Lomba ini sering sekali ditampilakan diberbagai acara perayaan hari penting nasional di sekolah. Cocok lho diadakan di Hari Kartini. Puisi yang di bacakan bisa bertema Kartini atau sesuai tema acaranya.


#5. Lomba Menyanyi

      La la la, menyanyi dengan girang adalah kepuasan tersendiri. Menyanyi akan semakin menantang dan melatih bakat di bidang seni musik. Saat Hari Kartini,lomba menyanyi suatu kegiatan pas untuk dilaksanakan. Siapa tau ada siswa atau siswi memiliki bakat menyanyi.

#6. Diskusi Bersama

      Diskusi adalah salah satu kegiatan yang dapat dilakukan dalam perayaan Hari Kartini. Diskusi ini dapat mengangkat tema yang berkaitan dengan Hari Kartini. Diskusi bersama dapat menjadi ajang bertukar pendapat dan pemikiran yang dapat memperluas wawasan.


#7. Mendekorasi Ruang kelas

       Kegiatan yang satu ini dapat menjadi kesempatan para murid untuk menujukkan kreativitas mereka dalam kebersamaan. Ruang kelas bisa dihias dengan tema bebas misalkan tema keraton atau serba serbi kerajaan zaman dulu. Ruang kelas yang indah dan unik dapat meningkatkan semangat belajar para murid.


#8. Pembuatan Mading.

      Mading,apa itu? Mading adalah singkatan dari majalah dinding. Jika di sekolah mading biasanya dibuat untuk memajang hasil kreativitas siswa siswi dan informasi mengenai sekolah. Di Hari Kartini ini para siswa dan siswi dapat menyulap Mading Sekolah menjadi mading yang berisi serba serbi tentang Hari Kartini.


Ok, itu dia 8 kegiatan untuk merayakan Hari Kartini di sekolah. Pada intinya semua kegiatan ini bertujuan positif untuk menghargai jasa-jasa pahlawan R.A.Kartini serta meningkatkan kreativitas,kebersamaan,sportifitas,toleransi,dan rasa nasionalisme. Sekian dulu ya artikel hari ini. Selamat Hari Kartini. ALWAYS TO BE GOOD AND MAKE HAPPINESS. Sampai jumpa.๐Ÿ˜Š

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Segitiga Siku-Siku dan Teorema Pythagoras Berserta Cara Mudahnya

Hallo Sahabat Cerdas๐Ÿ‘‹, apa kabar? Semoga semuanya dalam keadaan sehat walafiat. Tetap jaga kesehatan ya. Selamat datang di blog Saya Anak Cerdas. Rasanya sudah lama saya tidak update di label "Pendidikan" di blog ini. Kali ini saya hadir untuk mengobati rasa gundah para pelajar, hehehe. Pada kesempatan ini saya akan menyuguhkan materi MATEMATIKA. Hmm kira-kira apa ya? Yap, sesuai judul artikelnya, saya akan menjelaskan tentang SEGITIGA SIKU-SIKU dan TEOREMA PYTHAGORAS . OK, langsung saya bahas untuk Anda. Segitiga Siku-Siku Sumber gambar : Dokumen Penulis Segitiga siku-siku merupakan sebuah jenis segitiga yang memiliki sisi miring, sisi tinggi, dan sisi alas. Sisi tinggi adalah sisi yang memiliki posisi vertikal. Sedangkan sisi alas adalah sisi yang mendatar atau horizontal. Salah satu besar sudutnya adalah 90°. Sisi miring juga disebut hipotenusa . Kalau berbicara mengenai segitiga siku-siku pasti kita tidak asing lagi dengan "Teorema Pythagoras atau Rumus

Istilah 6 M Dalam Bidang Kewirausahaan

Hai Sahabat Cerdas. Selamat datang di blog Saya Anak Cerdas bersama saya Putri Pramisuari. Kali ini saya ingin membahas tentang hal yang berkaitan dengan bidang KEWIRAUSAHAAN,yaitu 6M. Apa itu? Jawabannya bukan 6 Miliar Rupiah ya๐Ÿ˜. Ok langsung saja saya bahas untuk Anda. Selamat Membaca. 1. Man      Huruf M pertama adalah Man. Kata "Man" dalam Bahasa Indonesia memiliki arti "manusia" Dalam kewirausahaan manusia sangat berperan penting dan berpengaruh sebagai pusat atau sentral. Manusia yang nantinya akan melakukan kegiatan produksi suatu produk hingga tahap pemasarannya dan  kemudian mengelola usahanya secara berkelanjutan. Komponen "Man" dalam kewirausahaan mengacu pada pelaku usaha atau pelaku ekonomi itu sendiri. Jika dilihat dari siklus kegiatan ekonomi, maka unsur ini dapat dibedakan menjadi 3, yaitu : Produsen adalah orang yang melakukan kegiatan produksi barang atau jasa. Distributor adalah orang yang melakukan kegiatan distribusi barang dan