Langsung ke konten utama

12 Hobi Yang Dapat Mempertebal Isi Dompet Anda

Hallooooo, Sahabat Cerdas!!! Apa kabar?? Harus semangat ya di Bulan Juni.Kali ini saya akan mengulas tentang hobi. Tapi pembahasan kali ini tidak akan biasa saja. Apakah Anda tahu kalau ada beberapa hobi yang dapat menambah pemasukan?  Penasaran? Yuk, langsung saya bahas untuk Anda.
Happy reading!


#1. Blogging


       Kira-kira ada yang tahu tidak apa itu blogging? Nah bagi Anda yang belum pernah mendengarnya blogging adalah kegiatan menulis blog. Mengapa hobi ini saya sebut dapat mempertebal dompet Anda, karena menulis blog dapat menghasilkan uang,lho. Eitss, tapi tidak semudah membalikan telapak tangan. Butuh proses dan prosedur yang panjang. Tetap semangat dan sabar.


#2. Menulis

       Nah yang satu ini beda dengan blogging ya Sahabat Cerdas. Ayo siapa yang gemar menulis angkat tangan. Mungkin yang senang menulis cerita atau cerpen,puisi,buku,dan lain-lain mana suaranya. Yap hobi yang satu ini memang sudah terkenal dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah. Lewat rangkaian kata, Anda dapat menjadi penulis buku maupun cerita. Kisah-kisah yang Anda tulis dapat dikirim ke salah satu penerbit. Siapa tau Anda beruntung tulisan Anda lah diterbitkan.


#3. Memasak

       Memasak adalah salah satu kegiatan wajib untuk para ibu rumah tangga๐Ÿ˜. Tapi tak hanya itu banyak kaum muda yang jatuh cinta sama yang satu ini. Nah ini bisa membuka peluang bisnis bagi Anda lho. Buat Anda yang gemar memasak,Anda bisa membuka bisnis kuliner nih,seperti restoran atau warung makan dan Anda dapat jadi kokinya. Selain itu buat Anda yang suka membuat kue Anda bisa mulai bisnis kue di online,membuka toko,atau door to door.


#4. Berkebun

       Siapkan cangkul,air,bibit tanaman,tanah,pupuk,dan pot. Nah mau ngapain ya? Berkebun adalah salah satu aktivitas outdoor peduli lingkungan dan tentunya positif (asalkan tidak tanam yang aneh-aneh๐Ÿ˜…). Berkebun banyak manfaatnya lho. Dapat dijadikan hobi untuk mengisi waktu senggangg,menebarkan rasa cinta lingkungan ke orang sekitar,menjadikan lingkungan Anda lebih hijau dan sejuk,dan dapat menamba pendapatan Anda juga. Haah? Yang benar? Benar,dengan berkebun Anda dapat membuka usaha di bidang perkebunan. Mungkin Anda bisa menanam sayur-sayuran dan hasil panennya dapat Anda jual. Ya mulai dari kecil-kecilan dulu nanti lama-lama jadi untung. Yang penting tetap sabar dan tekun.


#5. Beternak

       Petok,petok,kukuruyuk, suara apa itu? Yap Ayam. Ngomongin soal ayam pasti dipikiran Anda saat ini Ayam Goreng, Soto Ayam,Kari Ayam,Sup Ayam,eitss kali ini saya tidak membahas makanan berbahan dasar ayam melainkan BETERNAK. Bagi Anda yang gemar beternak baik itu sapi,ayam,bebek,kambing,dan lain-lain kalau dijadikan usaha dapat menghasilkan uang. Contohnya saja kalau Anda senang beternak ayam Anda dapat menjual daging ayam atau telurnya. Ya lumayan kan.


#6. Melukis

       Apa hobi melukis bisa menghasilkan uang? Siapa sangka hobi yang satu ini dapat menetaskan telur-telur rupiah. Mungkin bagi Anda yang hobi melukis dan hasil lukisannya bagus bisa dicoba lukisannya dipamerkan di museum atau mengadakan pameran sendiri. Lukisan yang dipamerkan dapat dijual kepada pengunjung atau bisa dijual lewat online,lho. Zaman sudah canggih sekarang.


#7. Menyanyi

       La la la, aduhaii siapa yang punya suara merdu (bukan merusak dunia)? Ayo siapa yang hobi dan pintar menyanyi. Nah buat Anda yang punya skill dan hobi di bidang tarik suara bisa nih dicoba jadi penyanyi. Anda bisa jadi penyanyi yang dibayar di acara-acara atau Anda bisa ikutan kontes menyanyi. Siapa tau Anda jadi terkenal dan bisa menjadi penyanyi papan atas.


#8. Membuat Video/Vlog

       Hai, guys, welcome back to my Vlog. Nah ini ni salah satu ciri-ciri yang suka buat vlog atau cita-citanya mau jadi vlogger atau ingin jadi youtuber dan suka eksis di depan kamera. Vlog ini kebalikan dari blog. Kalau blog biasanya berupa tulisan dan gambar tapi kalau vlog itu berupa video. Video-video yang Anda buat dapat diupload di aplikasi Youtube. Nah kalau di Youtube, video Anda bisa dibayar,lho. Kalau Anda sering dengar kata Adsense (iklan -iklan) di situlah salah satu sumber penghasilannya. Selain itu kalau ada produk berminat pada Anda,endorse untuk Anda akan datang ๐Ÿ˜. Tapi Anda harus sabar dan kerja keras,karena tidak semudah yang dibayangkan. Selain di Youtube, Anda bisa mengupload video di aplikasi lain seperti Instagram dan facebook atau di media sosial lainnya. Siapa tau jadi tenar dan berkah. Ingat Kontennya harus baik,sopan, bermanfaat,dan tidak melanggar undang-undang.


#9. Membaca

      Kalau yang satu ini diwajibkan di Indonesia ,tapi kalau sudah terlanjur hobi siapa?? Salah satu manfaat membaca adalah kita dapat memiliki pengetahuan yang luas. Anda tahu tidak kalau hobi  membaca dapat mengasilkan uang? Yap, bagi Anda yang menekuni hobi yang satu ini bisa dicoba jadi PERESENSI BUKU atau RESENTATOR. Dari menulis resensi atau review buku, Anda bisa mendapatkan pundi pundi uang. Silakan dicoba ya,Sahabat Cerdas.


#10.  Dance

          Gerak maju,ke samping kanan,putar. Hmm kira-kira itu ngapain ya? Yap,menari atau dalam Bahasa Inggris adalah "Dance". Menari adalah salah satu bentuk seni yang diungkapkan melalui gerak tubuh yang estetik. Orang yang sering tampil untuk menari ya jelas disebut penari. Ngomongin soal menari,tahu tidak kalau hobi yang satu ini dapat mempertebal dompet Anda. Yap,Anda dapat menjadi dancer disuatu event dan dibayar. Untuk mempermudah, Anda dapat mengikuti kelas atau club terlebih dahulu. Mau coba?


 #11. Membuat Handmade

          Rajutan,keranjang bambu, mainan anak,dan tikar bambu adalah beberapa kerajinan yang dapat dibuat sendiri. Kerajinan tangan atau handmade dapat memiliki nilai jual,lho Sahabat Cerdas, Jadi bagi Anda yang suka mengisi waktu dengan hobi membuat kerajinan tangan bisa dicoba hasil kerajinan Anda ditawarkan ke orang lain. Anda dapat mengasah terus kreativitas sekaligus menghasilkan uang.


#12. Bermain Alat Musik

         Duk duk tak,jrreeng, do,re,mi.fa sol,la,si. Lagi main apa tu ya???Bagi Anda  yang gemar atau passionnya bermain alat musik bisa di coba bentuk band bersama teman teman Anda. Band Anda bisa tampil untuk mengiringi suatu acara. Anda bisa juga lakukan sendiri, misalkan Anda bisa mengiringi acara dengan alat musik piano. Siapa tahu dibayar, lumayan kan? Inget kalau bentuk band hasilnya dibagi rata ya๐Ÿ˜.

BONUS:

#1. Menabung

    Mungkin sebagian orang melupakan yang satu ini. Padahal menabung itu sangat penting. Dengan menabung uang Anda tidak akan cepat habis. Dengan menabung Anda akan belajar berhemat dan tidak boros. Menabung harus diajarkan sejak dini. Dengan menabung masa depan akan berkecupan. Sedikit-sedikit nanti jadi bukit...


Pada dasarnya untuk mencari penghasilan yang halal dan baik bukannlah hal yang mudah. Tapi kalau dijalankan dengan ikhlas,sabar,dan penuh kerja keras pasti hasilnya akan baik pula.
Hmmm, Sekian dulu ya artikel kali ini. Semoga bermanfaat. Jangan lupa klik "IKUTI",berlangganan,dan terus ikuti update postingan dari blog Saya Anak Cerdas, blog yang berisi artikel yang menghibur,menyenangkan,dan tentunya menambah isi otak Anda (mengedukasi)๐Ÿ˜. Sampai jumpa๐Ÿ‘‹




 Teman -Teman,kira -kira, Hobi apa lagi ya yang dapat menambah dan mempertebal isi dompet????
 TULIS DI KOLOM KOMENTAR.๐Ÿ˜Š๐Ÿ‘‡

Komentar

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung ke blog Saya Anak Cerdas. Silakan berkomentar sesuai dengan pembahasan, bijak, dan tidak memuat link aktif.

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Segitiga Siku-Siku dan Teorema Pythagoras Berserta Cara Mudahnya

Hallo Sahabat Cerdas๐Ÿ‘‹, apa kabar? Semoga semuanya dalam keadaan sehat walafiat. Tetap jaga kesehatan ya. Selamat datang di blog Saya Anak Cerdas. Rasanya sudah lama saya tidak update di label "Pendidikan" di blog ini. Kali ini saya hadir untuk mengobati rasa gundah para pelajar, hehehe. Pada kesempatan ini saya akan menyuguhkan materi MATEMATIKA. Hmm kira-kira apa ya? Yap, sesuai judul artikelnya, saya akan menjelaskan tentang SEGITIGA SIKU-SIKU dan TEOREMA PYTHAGORAS . OK, langsung saya bahas untuk Anda. Segitiga Siku-Siku Sumber gambar : Dokumen Penulis Segitiga siku-siku merupakan sebuah jenis segitiga yang memiliki sisi miring, sisi tinggi, dan sisi alas. Sisi tinggi adalah sisi yang memiliki posisi vertikal. Sedangkan sisi alas adalah sisi yang mendatar atau horizontal. Salah satu besar sudutnya adalah 90°. Sisi miring juga disebut hipotenusa . Kalau berbicara mengenai segitiga siku-siku pasti kita tidak asing lagi dengan "Teorema Pythagoras atau Rumus

Istilah 6 M Dalam Bidang Kewirausahaan

Hai Sahabat Cerdas. Selamat datang di blog Saya Anak Cerdas bersama saya Putri Pramisuari. Kali ini saya ingin membahas tentang hal yang berkaitan dengan bidang KEWIRAUSAHAAN,yaitu 6M. Apa itu? Jawabannya bukan 6 Miliar Rupiah ya๐Ÿ˜. Ok langsung saja saya bahas untuk Anda. Selamat Membaca. 1. Man      Huruf M pertama adalah Man. Kata "Man" dalam Bahasa Indonesia memiliki arti "manusia" Dalam kewirausahaan manusia sangat berperan penting dan berpengaruh sebagai pusat atau sentral. Manusia yang nantinya akan melakukan kegiatan produksi suatu produk hingga tahap pemasarannya dan  kemudian mengelola usahanya secara berkelanjutan. Komponen "Man" dalam kewirausahaan mengacu pada pelaku usaha atau pelaku ekonomi itu sendiri. Jika dilihat dari siklus kegiatan ekonomi, maka unsur ini dapat dibedakan menjadi 3, yaitu : Produsen adalah orang yang melakukan kegiatan produksi barang atau jasa. Distributor adalah orang yang melakukan kegiatan distribusi barang dan

8 Kegiatan Untuk Merayakan Hari Kartini Di Sekolah

Hai, Sahabat Cerdas. Selamat Hari Kartini. Hari Kartini biasanya bisa dirayakan dimana pun salah satunya di sekolah. Dengan diadakan perayaan tersebut diharapkan agar anak-anak Indonesia dapat memiliki rasa nasionalisme,sportif, tolenransi,dan kreativitas yang tinggi. Perayaan Hari Kartini dapat dilakukan dengan melaksanakan beberapa rangkaian kegiatan yang positif. Kali ini saya ingin membahas 8 kegiatan untuk merayakan Hari Kartini di sekolah. Selamat membaca. #1. Fashion Show        Pasti sudah tau dong kegiatan yang satu ini. Yap Fashion Show,peragaan busana. Kegiatan yang satu ini memang  sangat menarik perhatian. Dalam Hari Kartini ini para siswa dan siswi dapat mengikutinya dengan menggunakan pakaian daerah atau adat yang ada di seluruh Indonesia. Kegiatan betujuan untuk mengenalkan budaya busana daerah Indonesia yang beragam dan harus dilestarikan. Fashion Show juga dapat dilaksanakan dengan menggunakan busana kreatif misalkan pakaian daur ulang, dan yang