Langsung ke konten utama

Unsur Intrinsik dan Unsur Ekstrinsik dalam Drama

Hallooo, Sahabat Cerdas!! Apa kabar??Masih semangat belajar kah? Hihihi. Semoga Anda selalu dalam keadaan sehat walafiat. Selamat datang di blog Saya Anak Cerdas bersama saya Putri Pramisuari. Hmmm, pada kesempatan kali saya akan membahas sesuatu yang berkaitan dengan drama. Eitttsss, tapi bukan Drama Korea atau Drama India ya, hihihi. Yap, sesuai dengan judul artikel ini kita akan membahas tentang apa saja UNSUR INTRINSIK dan UNSUR EKSTRINSIK dalam drama. Selamat belajar!!!

Sumber gambar : pixabay.com/kellierae

#1. UNSUR INTRINSIK

       Unsur Intrinsik adalah unsur-unsur yang mempengaruhi suatu pertunjukan drama yang berasal dari dalam atau faktor internalnya. Unsur Intrinsik dalam drama dibagi menjadi 8, yaitu : judul,tema, penokohan,alur, latar, dialog, amanat, dan bahasa.

            A . Judul
                 Judul merupakan identitas awal dari sebuah drama. Dapat dikatakan judul adalah nama dari drama.

            B . Tema
                Tema adalah gagasan atau ide pokok dari sebuah karya yang menjadi sebuah dasar. Dalam drama, tema sangat diperlukan keberdaannya karena tema akan mempengaruhi unsur-unsur drama lainnya. Tema adalah inti atau dasar dari cerita drama yang akan ditampilkan. Contoh tema antara lain :
  • Persahabatan
  • Lingkungan
  • Romantis
  • Fantasi
  • Horror
  • Tragedi, dll.

            C . Penokohan
                Penokohan atau Tokoh dalam drama adalah peran yang mengambil partisipasi dalam drama. Menurut sifatnya tokoh dapat dibagi menjadi 2 yaitu :
  • Protagonis adalah tokoh yang memiliki sifat atau karakter yang baik.
  • Antagonis adalah tokoh yang memiliki sifat yang bertentangan dengn tokoh protagonis. Memiliki sifat yang tidak baik atau jahat
Sedangkan menurut perannya dibagi menjadi 2 yaitu :
  • Tokoh Utama adalah tokoh inti yang menjadi pusat dari cerita.
  • Tokoh Figuran adalah tokoh yang dimunculkan mendukung jalannya cerita.

             D . Alur
                Alur adalah urutan waktu atau jalannya sebuah cerita dalam drama. Secara umum, alur drama dibedakan menjadi tiga jenis antara lain:
  • Alur Maju adalah alur yang dimulai dari masa lalu ke masa depan. (bergerak ke depan)
  • Alur Mundur adalah alur yang dimulau dari masa depan lalu kembali ke masa lalu. Alur ini sering juga disebut flashback (kilas balik).
  • Alur Campuran adalah alur gabungan antara alur maju dan mundur. Alur ini dsebut alur bolak-balik.
                 
            E . Latar
                 Latar sering disebut juga dengan setting. Latar adalah bagaimana penggambaran tempat, waktu, dan suasana yang dihadapi dalam drama. Latar dalam drama dibedakan menjadi 3 yaitu :
  • Latar waktu adalah latar yang menggambarkan kapan (waktu) terjadinya cerita dalam drama. Misalkan : siang hari, pagi hari, senja, dan lainnya
  • Latar tempat adalah latar yang menggambarkan dimana tempat terjadinya cerita dalam drama. Misalkan : di depan kantin, di kelas, di ruang tamu, dan sebagainya
  • Latar suasana adalah latar yang mengambarkan bagaimana dan seperti apa suasana yang ada dalam cerita. Misalkan : tegang, terharu, bahagia, dan lain-lain.

            F . Dialog
                 Dialog merupakan serangkaian percakapan yang nantinya akan diucapkan oleh pemeran atau tokoh dalam drama. Setiap pemain akan mendapatkan dialog sesuai karakter tokoh yang diperankan. 

            G . Amanat
                 Amanat adalah pesan yang ingin disampaikan dalam drama kepada para penikmat drama yang ditampilkan tersebut. Amanat juga disebut dengan pesan moral.    
 
            H. Bahasa
                  Bahasa adalah alat komunikasi yang kita gunakan dalam kehidupam sehari-hari agar dapat terhubung dengan individu lainnya. Dalam drama, unsur bahasa yang digunakan dapat menyesuaikan dengan karakteristik tokoh


 
#2. UNSUR EKSTRINSIK

       Unsur Ekstrinsik adalah unsur-unsur yang berasal dari luar yang mempengaruhi suatu drama. Walau berasal dari luar, unsur ini tetap mempengaruhi perkembangan cerita dalam drama.
Berikut adalah unsur ekstrinsik dalam drama.

                A. Pengarang
                     Unsur ini meliputi bagaimana latar belakang atau biografi dari pengarang. Selain itu kondisi psikologis pengarang juga berpengaruh pada drama.

                B. Nilai-Nilai
                     Nilai -nilai atau faktor-faktor yang dapat mempengaruhi suatu drama yaitu:
  • Nilai religi
  • Nilai sosial dan budaya
  • Nilai ekonomi
  • Nilai politik
  • Nilai pendidikan atau edukasi
  • Nilai psikologis
                 
                C. Kebijakan Pemerintahan dan kondisi politik negara. 





OK, Sahabat Cerdas.....
Bagaimana penjelasan mengenai unsur intrinsik dan unsur ekstrinsik di atas. Semoga bisa membantu dan bermanfaat ya. Mohon maaf apabila terdapat kesalahan penulisan atau penyampaian. Jangan lupa ikuti terus update blog Saya Anak Cerdas. Sampai jumpa. Semangat belajarrr...


Saya Anak Cerdas.... Yuk, Cerdas Bersama!!!



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Segitiga Siku-Siku dan Teorema Pythagoras Berserta Cara Mudahnya

Hallo Sahabat Cerdas👋, apa kabar? Semoga semuanya dalam keadaan sehat walafiat. Tetap jaga kesehatan ya. Selamat datang di blog Saya Anak Cerdas. Rasanya sudah lama saya tidak update di label "Pendidikan" di blog ini. Kali ini saya hadir untuk mengobati rasa gundah para pelajar, hehehe. Pada kesempatan ini saya akan menyuguhkan materi MATEMATIKA. Hmm kira-kira apa ya? Yap, sesuai judul artikelnya, saya akan menjelaskan tentang SEGITIGA SIKU-SIKU dan TEOREMA PYTHAGORAS . OK, langsung saya bahas untuk Anda. Segitiga Siku-Siku Sumber gambar : Dokumen Penulis Segitiga siku-siku merupakan sebuah jenis segitiga yang memiliki sisi miring, sisi tinggi, dan sisi alas. Sisi tinggi adalah sisi yang memiliki posisi vertikal. Sedangkan sisi alas adalah sisi yang mendatar atau horizontal. Salah satu besar sudutnya adalah 90°. Sisi miring juga disebut hipotenusa . Kalau berbicara mengenai segitiga siku-siku pasti kita tidak asing lagi dengan "Teorema Pythagoras atau Rumus

Istilah 6 M Dalam Bidang Kewirausahaan

Hai Sahabat Cerdas. Selamat datang di blog Saya Anak Cerdas bersama saya Putri Pramisuari. Kali ini saya ingin membahas tentang hal yang berkaitan dengan bidang KEWIRAUSAHAAN,yaitu 6M. Apa itu? Jawabannya bukan 6 Miliar Rupiah ya😁. Ok langsung saja saya bahas untuk Anda. Selamat Membaca. 1. Man      Huruf M pertama adalah Man. Kata "Man" dalam Bahasa Indonesia memiliki arti "manusia" Dalam kewirausahaan manusia sangat berperan penting dan berpengaruh sebagai pusat atau sentral. Manusia yang nantinya akan melakukan kegiatan produksi suatu produk hingga tahap pemasarannya dan  kemudian mengelola usahanya secara berkelanjutan. Komponen "Man" dalam kewirausahaan mengacu pada pelaku usaha atau pelaku ekonomi itu sendiri. Jika dilihat dari siklus kegiatan ekonomi, maka unsur ini dapat dibedakan menjadi 3, yaitu : Produsen adalah orang yang melakukan kegiatan produksi barang atau jasa. Distributor adalah orang yang melakukan kegiatan distribusi barang dan

8 Kegiatan Untuk Merayakan Hari Kartini Di Sekolah

Hai, Sahabat Cerdas. Selamat Hari Kartini. Hari Kartini biasanya bisa dirayakan dimana pun salah satunya di sekolah. Dengan diadakan perayaan tersebut diharapkan agar anak-anak Indonesia dapat memiliki rasa nasionalisme,sportif, tolenransi,dan kreativitas yang tinggi. Perayaan Hari Kartini dapat dilakukan dengan melaksanakan beberapa rangkaian kegiatan yang positif. Kali ini saya ingin membahas 8 kegiatan untuk merayakan Hari Kartini di sekolah. Selamat membaca. #1. Fashion Show        Pasti sudah tau dong kegiatan yang satu ini. Yap Fashion Show,peragaan busana. Kegiatan yang satu ini memang  sangat menarik perhatian. Dalam Hari Kartini ini para siswa dan siswi dapat mengikutinya dengan menggunakan pakaian daerah atau adat yang ada di seluruh Indonesia. Kegiatan betujuan untuk mengenalkan budaya busana daerah Indonesia yang beragam dan harus dilestarikan. Fashion Show juga dapat dilaksanakan dengan menggunakan busana kreatif misalkan pakaian daur ulang, dan yang