Langsung ke konten utama

Belajar di Rumah? Jangan Khawatir! Yuk, Belajar di Ruangguru

Hallo, Sahabat Cerdas!! Apa kabar? Selamat datang di blog Saya Anak Cerdas bersama saya Putri Pramisuari. Yuk, Cerdas Bersama! Hmmm, hari ini saya ingin berbagi sesuatu yang spesial nih! Penasaran? Sebelum itu saya ingin bertanya pernahkah Anda bermimpi atau Anda memiliki sebuah mimpi? Saya yakin setiap orang pasti memiliki mimpi. Setiap orang tua pasti mempunyai mimpi besar untuk anaknya. Begitu pula dengan setiap anak pasti mempunyai mimpinya sendiri.

Dalam dunia pendidikan pun mimpi itu ada. Setiap guru juga memiliki mimpi untuk anak didiknya agar kelak menjadi orang yang sukses dalam hidup. Setiap pelajar juga memiliki sesuatu yang ingin mereka capai suatu saat nanti. Semua orang mempunyai mimpi. Karena bermula dari mimpi kita tahu apa tujuan hidup kita. Saya pun demikian. Mimpi saya adalah ingin selalu membanggakan kedua orang tua dan keluarga serta menjadi orang yang berguna dan berhasil.

Namun, saat ini dunia dan Indonesia tengah mengalami pandemi Covid-19. Physical distancing pun diterapkan. Kegiatan masyarakat dibatasi. Selain itu, kegiatan belajar-mengajar pun terkena dampaknya jadinya tidak tatap muka seperti biasanya. Selama pandemi ini saya menjalani kegiatan pembelajaran jarak jauh. Ini pasti dialami oleh pelajar di Indonesia saat ini. Tapi saya mau ucapkan selamat bagi siswa di daerah yang sudah diperbolehkan mengikuti pembelajaran di sekolah secara tatap muka dengan mengikuti protokol kesehatan.

Selama pandemi ini, tugas mengalir deras bagaikan banjir,hehehe. Tak jarang saya merasa kesulitan dalam belajar karena sudah terbiasa dengan sistem belajar-mengajar tatap muka di sekolah. OK, langsung saja di sini saya mau sharing tips saya, apa saja yang bisa dilakukan saat belajar di masa pandemi ini.

#1. Menyerah???Pikirin Lagi Deh

       Situasi pandemi ini mungkin membuat sebagian para pelajar merasa bosan dan malas untuk melakukan aktivitasnya karena dibatasi pergi keluar rumah dan diterapkannya sistem pembelajaran jarak jauh. Ahhh,aku males belajar! Aduhhh tugasnya kok numpuk ya? Aku nggak bisa buat nih!! Nah bagi kalian yang pernah ngeluh seperti itu pikirin lagi deh Anda ingin menyerah atau melangkah ke depan? Lihatlah Anda sudah melangkah sejauh mana. So, Never give up!

#2. Atur Penggunaan Gadget 

      Gadget saat pandemi ini sangat diperlukan ya. Banyak kegiatan yang dilaksanakan secara daring. Untuk pelajar sebaiknya diatur penggunaan gadgetnya agar tidak mengganggu aktivitas belajar. Kurangi penggunaan gawai untuk bermain game (hmmm, ini godaan ya). Lebih baik digunakan untuk mengakses informasi-informasi positif dan berkaitan dengan materi belajar.

#3. Tetap Terhubung dengan Orang Tersayang

       Yuhuuuuu, biar tidak stress saat belajar di rumah, kita ngobrol yuk dengan orang yang kita sayangi. Yap, meski kita terbatas jarak tapi hati kita tetap dekat. Kita bisa menggunakan media sosial untuk menghubungi keluarga maupun teman.

#4. Istirahat yang cukup dan Makan yang Teratur

       Di masa pandemi covid-19 pola hidup bersih dan sehat sangat wajib. Istirahat yang cukup dan makan teratur dan bergizi seimbang itu penting, jangan sampai nanti Anda kelelahan dan jatuh sakit, ya. O, iya jangan lupa olahraga.

 #5. Coba Cara Belajar yang Baru

       OK, jadi ini tips ke-5 yang sudah saya terapkan selama belajar di rumah. Nah biasanya kan kalau belajar saya hanya membaca buku pelajaran dan menulis, tapi sekarang saya mencoba untuk belajar melalui video materi pembelajaran (ya sambil beradaptasi,semua dilaksanakan secara daring). Terus dimana dong lihat video materinya? Kalau saya sih sumbernya dari guru-guru yang mengajar di sekolah dan untuk tambahan materi belajar, saya menggunakan aplikasi Ruangguru.

RUANGGURU??
APA SIH ITU RUANGGURU? 
KOK NGGAK PERNAH DENGAR?

Ahh, masak sih nggak pernah dengar? Ruangguru adalah salah satu layanan bimbel (bimbingan belajar) online nomor 1 di Indonesia yang patut dicoba bagi pelajar. Mengapa demikian? Ya, saya sudah merasakan manfaat dari aplikasi Ruangguru ini. Banyak fitur yang mendukung proses belajar Anda,lho. Saya kasi deh listnya :

Sumber gambar : Screenshoot Aplikasi Ruangguru 
(Dari Dokumen Penulis)
Sumber gambar : Screenshoot Aplikasi Ruangguru 
(Dari Dokumen Penulis)


1. Ruang Belajar

    Ruang Belajar adalah fitur yang memuat materi-materi yang komplit alias lengkap yang bisa diakses ke semua jenjang pendidikan mulai dari SD, SMP, SMA, dan SMK dan tersedia bagi semua jenis kurikulum dari KTSP, K-13, sampai K-13 Revisi.Video materinya singkat, padat, jelas, menarik, dan beranimasi, lho. Setiap materi disajikan oleh guru-guru terbaik (master teacher Ruangguru) yang pastinya tidak main-main.

2. Bank Soal

      Fitur yang satu ini adalah fitur kumpulan soal-soal yang bisa Anda jawab. Bank Soal ini bisa banget dijadikan latihan soal untuk menghadapi ujian baik UTS, UAS, maupun UN.

3. Perkembangan Belajar

     Fitur ini menunjukkan seberapa lama waktu belajar, video yang ditonton, dan jumlah latihan soal yang Anda selesaikan. Dengan demikian Anda dapat mengukur seberapa proses belajar Anda di Ruangguru.

4. Ruangguru Adventure

     Yuhuuu, fitur yang satu ini fitur seru yang akan memotivasi Anda untuk terus belajar. Jadi, saat Anda selesai menonton video dan menjawab kuis di setiap subtopik, Anda akan mendapatkan XP dan GOLD. Gunanya apa sih? Nah, gunanya kalau XP untuk naik ke level selanjutnya dan GOLD untuk membeli item menarik untuk merias avatar Anda.

5. Teman Belajar

     Selama ini Anda kesepian saat belajar di rumah? Hehe, tenang, Ruangguru menghadirkan fitur Teman Belajar. Fitur baru ini menurut saya asik karena di sini Anda akan diajak merawat teman belajar Anda. Kebetulan saya di Ruangguru punya teman yang namanya Modo. Si Modo ini imut dan lucu.

6. Jadwal Belajar

     Fitur Jadwal Belajar adalah fitur baru dimana di sini Anda bisa membuat jadwal belajar Anda sesuai kebutuhan dan jam yang Anda inginkan. Jadi belajarnya lebih teratur deh.

7. Ruang Uji

    Ruang Uji adalah fitur yang dapat menguji kemampuan Anda dalam menjawab soal. Di sini banyak, lho soal-soal try out atau soal lainnya yang di design seperti ujian sebenarnya.

8. Ruang Baca

     Bagi yang suka membaca cocok banget. Di Ruang Baca banyak tersedia artikel yang bermanfaat dan tips-tips belajar juga.

9. Roboguru

    Roboguru adalah fitur foto soal canggih dari Ruangguru yang berguna bagi para siswa untuk membantu menjawab soal-soal UN atau SBMPTN yang kurang dipahami.

10. Ruang Kelas

      Nah, ini ni yang terbaru. Ruang Kelas. Fitur ini bisa jadi solusi bagi guru dan siswa dalam melaksanakan kegiatan belajar-mengajar jarak jauh.

11. Daily Challenge

      Kalau yang ini adalah tantangan buat Anda. Di sini Anda akan ditantang untik menjawab soal dengan mata pelajaran yang berbeda setiap harinya dan diukur oleh pewaktu. Kalau Anda beruntung dan berhasil mendapat peringkat 1 Anda akan mendapat hadiah,lho.


Sebenarnya masih banyak lagi fitur-fitur di aplikasi Ruangguru ini. Hmmm penasaran? Coba aja deh😁
Sumber gambar : Dokumen Penulis



Sumber gambar : Dokumen Penulis



Sumber gambar : Dokumen Penulis

Jujur, saya senang menggunakan aplikasi ruangguru dan benar saja saya merasakan manfaatnya saya bisa mempelajari materi-materi yang belum saya pahami dan dapatkan di sekolah. Saya bebas belajar dimanapun dan kapanpun apa lagi di saat situasi pandemi covid-19 ini. Materi yang disampaikan mudah dipahami dan tidak membosankan. Dari Ruangguru saya mendapat banyak ilmu untuk belajar. Bagi saya Ruangguru itu seperti sekolah kedua saya. Dengan Ruangguru saya jadi semangat belajar dan hidupkan mimpi.

Jadi Sudah Siap Menghidupkan Mimpi?? Yuk, Hidupkan Mimpimu dengan belajar di Ruangguru.😊


OK, sampai di sini dulu artikel kali ini. Sampai jumpa👋. Jangan lupa download aplikasi Ruangguru...

*Mohon maaf apabila terdapat penulisan kata maupun kalimat. Selamat membaca!

*Catatan : Artikel ini diikutsertakan dalam lomba menulis blog (blog competition) yang diselenggarakan oleh pihak Ruangguru. Media atau gambar yang ditampilkan berasal dari dokumen pribadi penulis dan hasil screenshoot aplikasi Ruangguru.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Segitiga Siku-Siku dan Teorema Pythagoras Berserta Cara Mudahnya

Hallo Sahabat Cerdas👋, apa kabar? Semoga semuanya dalam keadaan sehat walafiat. Tetap jaga kesehatan ya. Selamat datang di blog Saya Anak Cerdas. Rasanya sudah lama saya tidak update di label "Pendidikan" di blog ini. Kali ini saya hadir untuk mengobati rasa gundah para pelajar, hehehe. Pada kesempatan ini saya akan menyuguhkan materi MATEMATIKA. Hmm kira-kira apa ya? Yap, sesuai judul artikelnya, saya akan menjelaskan tentang SEGITIGA SIKU-SIKU dan TEOREMA PYTHAGORAS . OK, langsung saya bahas untuk Anda. Segitiga Siku-Siku Sumber gambar : Dokumen Penulis Segitiga siku-siku merupakan sebuah jenis segitiga yang memiliki sisi miring, sisi tinggi, dan sisi alas. Sisi tinggi adalah sisi yang memiliki posisi vertikal. Sedangkan sisi alas adalah sisi yang mendatar atau horizontal. Salah satu besar sudutnya adalah 90°. Sisi miring juga disebut hipotenusa . Kalau berbicara mengenai segitiga siku-siku pasti kita tidak asing lagi dengan "Teorema Pythagoras atau Rumus

Istilah 6 M Dalam Bidang Kewirausahaan

Hai Sahabat Cerdas. Selamat datang di blog Saya Anak Cerdas bersama saya Putri Pramisuari. Kali ini saya ingin membahas tentang hal yang berkaitan dengan bidang KEWIRAUSAHAAN,yaitu 6M. Apa itu? Jawabannya bukan 6 Miliar Rupiah ya😁. Ok langsung saja saya bahas untuk Anda. Selamat Membaca. 1. Man      Huruf M pertama adalah Man. Kata "Man" dalam Bahasa Indonesia memiliki arti "manusia" Dalam kewirausahaan manusia sangat berperan penting dan berpengaruh sebagai pusat atau sentral. Manusia yang nantinya akan melakukan kegiatan produksi suatu produk hingga tahap pemasarannya dan  kemudian mengelola usahanya secara berkelanjutan. Komponen "Man" dalam kewirausahaan mengacu pada pelaku usaha atau pelaku ekonomi itu sendiri. Jika dilihat dari siklus kegiatan ekonomi, maka unsur ini dapat dibedakan menjadi 3, yaitu : Produsen adalah orang yang melakukan kegiatan produksi barang atau jasa. Distributor adalah orang yang melakukan kegiatan distribusi barang dan

8 Kegiatan Untuk Merayakan Hari Kartini Di Sekolah

Hai, Sahabat Cerdas. Selamat Hari Kartini. Hari Kartini biasanya bisa dirayakan dimana pun salah satunya di sekolah. Dengan diadakan perayaan tersebut diharapkan agar anak-anak Indonesia dapat memiliki rasa nasionalisme,sportif, tolenransi,dan kreativitas yang tinggi. Perayaan Hari Kartini dapat dilakukan dengan melaksanakan beberapa rangkaian kegiatan yang positif. Kali ini saya ingin membahas 8 kegiatan untuk merayakan Hari Kartini di sekolah. Selamat membaca. #1. Fashion Show        Pasti sudah tau dong kegiatan yang satu ini. Yap Fashion Show,peragaan busana. Kegiatan yang satu ini memang  sangat menarik perhatian. Dalam Hari Kartini ini para siswa dan siswi dapat mengikutinya dengan menggunakan pakaian daerah atau adat yang ada di seluruh Indonesia. Kegiatan betujuan untuk mengenalkan budaya busana daerah Indonesia yang beragam dan harus dilestarikan. Fashion Show juga dapat dilaksanakan dengan menggunakan busana kreatif misalkan pakaian daur ulang, dan yang