Langsung ke konten utama

Pengertian dan Contoh Mengenai Analisis SWOT


Sumber gambar : pixabay.com/200degrees

Halloo, Sahabat Cerdas tersayang! Apa kabar? Semoga baik-baik saja. Sudah lama kita tidak berjumpa di blog Saya Anak Cerdas bersama saya Putri Pramisuari. Di postingan ini saya akan membahas salah satu jenis analisis yang penting dilakukan dan ada kaitannya dengan pelajaran kewirausahaan. Yups, Analisis SWOT.

Hmmm, saya ingin bertanya, saat Anda berkeinginan membuka usaha atau melaksanakan kegiatan penting, pernahkah diri Anda memikirkan seberapa besar peluang, kekuatan dan kelemahan bahkan ancaman yang akan dihadapi?? Untuk mendapatkan jawaban dari pertanyaan tersebut diperlukan suatu analisis.


Sumber gambar : Dokumen Penulis

Analisis SWOT adalah salah satu bentuk analisis yang sederhana untuk mengukur kekuatan atau kelebihan, kekurangan, peluang, serta ancaman yang dihadapi baik dalam usaha maupun kegiatan (proyek).

Dari analisis ini Anda dapat mempertimbangkan keputusan Anda dan mengenali kekurangan dan kelebihan usaha atau kegiatan Anda. Hal ini perlu dilakukan untuk meminimalisir kekurangan serta ancaman di masa mendatang agar mendapatkan hasil yang sempurna.

Ok daripada saya panjang lebar,hehehe. Yuk saya bahas lebih lanjut mengenai Analisis SWOT ini.

#1. Strength

       Kata "Strength" dalam Bahasa Indonesia berarti kekuatan. Dari arti kata tersebut sudah jelas unsur ini menjelaskan tentang apa saja kekuatan suatu usaha atau kegiatan Anda  yang akan diwujudkan. Unsur strength termasuk ke dalam faktor internal. Anda dapat menuliskan apa saja yang menjadi kelebihan dari usaha atau kegiatan Anda.


#2. Weakness

       Kata "Weakness" dalam Bahasa Indonesia berarti kelemahan. Weakness dalam analisis SWOT termasuk ke dalam faktor internal. Unsur ini menguraikan apa saja kelemahan yang ada dalam bisnis maupun kegiatan Anda. Unsur Weakness perlu dianalisis supaya di masa mendatang kelemahan tersebut tidak menjadi penyebab kemunduran dan bisa diatasi.

#3. Opportunity


       Huruf "O " pada "SWOT" adalah Opportunity yang artinya peluang.  Unsur peluang termasuk ke dalam faktor eksternal. Anda harus memperhatikan kesempatan apa yang dapat raih  dengan terlaksananya usaha atau kegiatan tersebut serta peluang yang bisa dimanfaatkan untuk menuju perkembangan.


#4. Threat


      Threat dalam Bahasa Indonesia berarti ancamanUnsur ini termasuk ke dalam faktor eksternal. Anda harus menganalisis ancaman atau hambatan yang akan dihadapi di kemudian hari. Hal ini untuk mencegah terjadinya perlambatan perkembangan usaha maupun kegiatan yang Anda rancang.


CONTOH SEDERHANA ANALISIS SWOT

1. Dalam Konteks Kegiatan
 "Suatu hari perusahaan Anda ingin mengadakan kegiatan Pagelaran Seni yang dilaksanakan pada Bulan Desember."

Analisis SWOT nya :

Strength
  • Tempat yang luas dan strategis.
  • Pihak panitia penyelenggara yang berpengalaman.
Weakness
  • Ketebatasan dana kegiatan.
Opportunity
  • Perusahaan akan lebih dikenal masyarakat luas.
  • Pemerintah setempat mendukung terselenggarnya kegiatan.
Threat
  • Cuaca yang kurang mendukung.
  • Peminat kegiatan ini tidak terlalu banyak.

2. Dalam Konteks Usaha (Bisnis)
"Pak A ingin membuka usaha (berjualan) keripik singkong di kampungnya."

Analisis SWOT nya :

Strength
  • Bahan baku mudah dijangkau.
  • Pengolahan yang sederhana.
  • Dapat diolah berbagai rasa
Weakness
  • Peralatan pembuatan keripik masih sederhana.
  • Mudah hancur.
  • Keterbatasan modal.
Opportunity
  • Keripik singkong masih banyak digemari konsumen.
  • Omset per bulan yang lumayan.
Threat
  • Pesaing produk yang banyak.
  • Budaya konsumsi makanan tradisional yang semakin menurun.
  • Konsumen mudah bosan.
  • Studi kesehatan tentang dampak memakan keripik singkong dalam jumlah banyak.

OK, jadi gimana penjelasannya?? Semoga bermanfaat ya. Pada intinya analisis SWOT ini adalah analisis untuk mengukur seberapa kuat dan lemah serta peluang dan ancaman dari suatu usaha maupun kegiatan. Saya mohon maaf apabila terdapat kesalahan dalam artikel ini.
So, jangan lupa terus ikuti update blog Saya Anak Cerdas. Karena setelah membaca di blog ini, wawasan Anda makin bertambah😁😁😁. Sampai jumpa di artikel berikutnya.

Saya Anak Cerdas! YUK, CERDAS BERSAMA!!!

* Gambar/ foto (Dokumen Penulis) dibuat dengan aplikasi Microsoft Word 2007 serta diedit dengan aplikasi Microsoft Paint.

* PERINGATAN!
   Jangan lupa klik " IKUTI" atau subscribe via email ya.




      

Komentar

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung ke blog Saya Anak Cerdas. Silakan berkomentar sesuai dengan pembahasan, bijak, dan tidak memuat link aktif.

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Segitiga Siku-Siku dan Teorema Pythagoras Berserta Cara Mudahnya

Hallo Sahabat CerdasπŸ‘‹, apa kabar? Semoga semuanya dalam keadaan sehat walafiat. Tetap jaga kesehatan ya. Selamat datang di blog Saya Anak Cerdas. Rasanya sudah lama saya tidak update di label "Pendidikan" di blog ini. Kali ini saya hadir untuk mengobati rasa gundah para pelajar, hehehe. Pada kesempatan ini saya akan menyuguhkan materi MATEMATIKA. Hmm kira-kira apa ya? Yap, sesuai judul artikelnya, saya akan menjelaskan tentang SEGITIGA SIKU-SIKU dan TEOREMA PYTHAGORAS . OK, langsung saya bahas untuk Anda. Segitiga Siku-Siku Sumber gambar : Dokumen Penulis Segitiga siku-siku merupakan sebuah jenis segitiga yang memiliki sisi miring, sisi tinggi, dan sisi alas. Sisi tinggi adalah sisi yang memiliki posisi vertikal. Sedangkan sisi alas adalah sisi yang mendatar atau horizontal. Salah satu besar sudutnya adalah 90°. Sisi miring juga disebut hipotenusa . Kalau berbicara mengenai segitiga siku-siku pasti kita tidak asing lagi dengan "Teorema Pythagoras atau Rumus

Istilah 6 M Dalam Bidang Kewirausahaan

Hai Sahabat Cerdas. Selamat datang di blog Saya Anak Cerdas bersama saya Putri Pramisuari. Kali ini saya ingin membahas tentang hal yang berkaitan dengan bidang KEWIRAUSAHAAN,yaitu 6M. Apa itu? Jawabannya bukan 6 Miliar Rupiah ya😁. Ok langsung saja saya bahas untuk Anda. Selamat Membaca. 1. Man      Huruf M pertama adalah Man. Kata "Man" dalam Bahasa Indonesia memiliki arti "manusia" Dalam kewirausahaan manusia sangat berperan penting dan berpengaruh sebagai pusat atau sentral. Manusia yang nantinya akan melakukan kegiatan produksi suatu produk hingga tahap pemasarannya dan  kemudian mengelola usahanya secara berkelanjutan. Komponen "Man" dalam kewirausahaan mengacu pada pelaku usaha atau pelaku ekonomi itu sendiri. Jika dilihat dari siklus kegiatan ekonomi, maka unsur ini dapat dibedakan menjadi 3, yaitu : Produsen adalah orang yang melakukan kegiatan produksi barang atau jasa. Distributor adalah orang yang melakukan kegiatan distribusi barang dan

8 Kegiatan Untuk Merayakan Hari Kartini Di Sekolah

Hai, Sahabat Cerdas. Selamat Hari Kartini. Hari Kartini biasanya bisa dirayakan dimana pun salah satunya di sekolah. Dengan diadakan perayaan tersebut diharapkan agar anak-anak Indonesia dapat memiliki rasa nasionalisme,sportif, tolenransi,dan kreativitas yang tinggi. Perayaan Hari Kartini dapat dilakukan dengan melaksanakan beberapa rangkaian kegiatan yang positif. Kali ini saya ingin membahas 8 kegiatan untuk merayakan Hari Kartini di sekolah. Selamat membaca. #1. Fashion Show        Pasti sudah tau dong kegiatan yang satu ini. Yap Fashion Show,peragaan busana. Kegiatan yang satu ini memang  sangat menarik perhatian. Dalam Hari Kartini ini para siswa dan siswi dapat mengikutinya dengan menggunakan pakaian daerah atau adat yang ada di seluruh Indonesia. Kegiatan betujuan untuk mengenalkan budaya busana daerah Indonesia yang beragam dan harus dilestarikan. Fashion Show juga dapat dilaksanakan dengan menggunakan busana kreatif misalkan pakaian daur ulang, dan yang